Senin, 14 Januari 2013

Artikel Bank Dunia



Bank Dunia: Kerangka Audit dan Akuntansi Indonesia Meningkat



JAKARTA, KOMPAS.com — Dalam laporan Bank Dunia disebutkan, kerangka akuntansi dan audit Indonesia telah meningkat secara signifikan dalam lima tahun terakhir. Ditetapkannya Undang-undang Akuntan Publik pada tahun ini turut berperan dalam peningkatan itu.
Demikian isi laporan Ketaatan Kode dan Standar yang diluncurkan hari ini, Senin (14/11/2011 ), dan disampaikan oleh Regional Manager, Financial Management, Kawasan Asia Timur dan Pasifik Bank Dunia, Samia Msadek, di Jakarta.
Manurut laporan tersebut, standar akuntansi aasional yang jumlahnya kian besar telah selaras dengan standar-standar pelaporan keuangan internasional. Sekalipun demikian, tetap ada sejumlah rekomendasi yang disarankan lembaga ini untuk meningkatkan infrastruktur audit dan akuntansi. Beberapa rekomendasi yakni pembaruan kerangka kebijakan, penyelarasan sepenuhnya dengan standar audit dan akuntansi internasional, hingga membangun kapasitas Ikatan Akuntansi Indonesia dan Institut Akuntan Publik Indonesia.
"Rekomendasi-rekomendasi tersebut dapat digunakan untuk menyiapkan suatu rencana aksi negara yang komprehensif, yang bertujuan makin memperkuat kerangka kelembagaan audit dan akuntansi," ujar Samia.
Sekalipun begitu, lanjut dia, pengembangan berikutnya jangan sampai mengganggu kemajuan yang telah dicapai oleh kerangka yang telah ada.
Samia pun menambahkan, dalam penerapan rekomendasi tersebut sebaiknya ada kolaborasi di antara badan-badan pengatur sektor keuangan, profesi akuntansi, dan mitra-mitra pembangunan internasional.
Menurut Bank Dunia, semakin selarasnya standar audit dan pelaporan finansial Indonesia dengan standar internasional, akan membantu investor asing dalam memperoleh laporan keuangan yang kokoh dari perusahaan Indonesia. Dengan begitu, iklim investasi di Indonesia pun akan meningkat.
Sumber : www.kompas.com
Komentar :
Adanya peningkatan secara signifikan selama lima tahun terakhir dalam kerangka akuntansi dan audit Indonesia dapat membuat Indonesia bersaing dengan negara-negara lain, dan semakin larasnya standar audit & pelaporan finansial Indonesia dengan standar Internasional dapat membantu membantu para investor asing.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar