Rabu, 09 November 2011

TUGAS 2 BAHASA INDONESIA 2

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadiaan, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat.
Dalam UUD pasal 31
(1)   Tiap-tiap warga Negara berhak mendapat pengajaran.
(2)   Pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu system pengajaran nasional, yang diatur dengan undang-undang.

Sesuai dengan UUD 31 bahwa tiap-tiap warga Negara berhak mendapat pengajaran. Tetapi mengapa masih banyak anak-anak jalanan yang tidak sekolah dan malah bekerja sebagai pengemis atau pengamen jalanan?
Seharusnya mereka tidak berada di jalan untuk mengemis atau mengamen, seharusnya mereka sekolah dan mendapatkan pendidikan yang layak, karena mereka adalah penerus bangsa. Apa jadinya kalau penerus bangsa kita ini tidak berpendidikan?

            Saya sendiri bingung gimana caranya agar tidak ada lagi anak-anak jalanan yang mengemis atau mengamen. Pemerintah sendiri sudah melaksanakan pendidikan gratis untuk SD sampai SMP khususnya di DKI Jakarta, tetapi mengapa masih banyak juga yang tidak bersekolah. Memang sih pendidikan gratis, tetapi untuk membeli peralatan dan baju sekolah kan tidak gratis. Mungkin itu yang menjadi salah satu factor penyebabnya, tetapi bukan itu saja pemikiran orang tua yang berpendapat “Mending menyuruh anaknya kerja bisa mendapatkan uang dari pada sekolah mengeluarkan uang” juga merupakan factor penyebabnya.

            Saya tidak bisa menyalahkan siapapun disini, mungkin dengan member pengarahan ke para orang tua bahwa pendidikan itu sangat penting dapat merubah pola pikir mereka. Dan saya merasa senang ketika ada jiwa-jiwa pahlawan yang mendirikan sekolah gratis untuk anak-anak jalanan. Sekolah itu bernama SAJA (Sekolah Anak Jalanan) yang berdiri di dekat tol jembatan tiga Jakarta Utara. Guru-guru yang mengajar di sekolah SAJA adalah para relawan yang tidak mendapat gaji. Begitu besarnya pengorbanan mereka. Mereka adalah pahlawan yang tanpa pamrih. Dan saya berdoa semoga makin banyak pahlawan-pahlawan yang tanpa pamrih lainnya, agar anak-anak jalanan dapat mengenyam pendidikan yang layak dan menjadi penerus bangsa yang baik dan berkualitas.

Sumber Gambar : www.google.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar